Thursday, February 16, 2006

Biodata Bambang Haryanto

Bambang Haryanto adalah seorang blogger, penulis bebas, inkubator gagasan kreatif, dan intellectual hedonist. Berdomisili di Wonogiri. Menulis beragam artikel sejak tahun 1977. Lahir : Solo, 24 Agustus 1953. Anak pertama dari keluarga Kastanto Hendowiharso (TNI/AD) dan Sukarni (wiraswastawan).

Menulis buku kumpulan humor Ledakan Tawa Dari Dunia Satwa (Andi, 1987), Bom Tawa Antar Bangsa (USA, 1987) dan Hari-Hari Sepakbola Indonesia Mati : Kesaksian Seorang Suporter Pasoepati (2004, belum diterbitkan).

Memenangi lomba Honda The Power of Dreams Contest 2002 (PT Honda Prospect Motor) dengan esai impian berjudul, “The Power Of Dreams : Revolusi Mengubah Budaya Suporter Sepakbola Yang Destruktif Menjadi Penghibur Kolosal Yang Atraktif”. Kemudian profil dirinya sebagai suporter sepakbola ditayangkan dalam acara “The Power of Dreams 2002 Documentary” di TransTV (27/6/2002).

Pada tahun 2004 dengan perannya sebagai pendiri komunitas Epistoholik Indonesia (EI) yang mengusung resolusi untuk membangun lebih dari situs blog untuk komunitas EI telah memenangi Mandom Resolution Award 2004 (PT Mandom Indonesia Tbk, Jakarta).

Tercatat pertama kali di MURI tahun 2000 sebagai pencetus Hari Suporter Nasional 12 Juli.



Situs-Situs Blog Yang Dikelola :


Bambang Haryanto : (http://beha.blogspot.com/)
Blog ini menghimpun surat-surat pembaca saya yang telah termuat di media massa. Himpunan surat-surat pembaca saya bulan-bulan terkahir belum termuat di blog ini.


B.U.B.A.R. ! : Bersihkan Udara Bebas Asap Rokok : (http://bubar.blogspot.com/).
Blog yang menghimpun opini dan surat pembaca yang mengkampanyekan anti rokok.


Buka Buka Beha : (http://bukabeha.blogspot.com/).
Merupakan situs blog induk, untuk memandu ke pelbagai situs blog lainnya.


Close To You (http://undagi.blogspot.com/)
“Close To You” adalah salah satu judul lagunya Carpenters. Saya menyukai duo penyanyi kakak beradik asal New Haven, Connecticut, AS ini. Situs yang baru diluncurkan bulan Agustus 2005 ini berisi cerita-cerita ringan seputar lagu-lagu mereka yang memberikan inspirasi dalam hidup ini.


Episto Ergo Sum ! : (http://warei.blogspot.com/)
Blog yang mendaftar warga Epistoholik Indonesia, baik dari Jakarta sampai Melbourne, Australia. Berisi anotasi mengenai motif mereka bergabung dalam EI, bio data dan judul-judul sebagian surat pembaca mereka. Dari masing-masing anotasi tersebut, dengan sekali klik (“Lebih lanjut...”) Anda akan diajak menjelajah ke situs blog masing-masing warga EI.


Epistoholik Indonesia : (http://episto.blogspot.com/)
Situs blog yang merupakan “gerbang” untuk mengenal komunitas Epistoholik Indonesia. Tercantum di sini visi dan misi EI, sejarah terbentuknya, dan pelbagai link untuk menuju blog-blog pendukung lainnya.


Esai Epistoholica : (http://esaiei.blogspot.com/)
Memuat esai-esai dinamika dan pergulatan hidup saya sebagai sebagai seorang epistoholik yang terkait dengan fenomena dan peristiwa aktual yang terjadi di masyarakat.


Komedikus Erektus ! : (http://komedian.blogspot.com/)
Saya suka humor. Untuk menunjang kemajuan dunia komedi di Indonesia, saya meluncurkan situs blog ini.


Kubu Kutu Buku : (http://kutubukuku.blogspot.com/)
Daftar anotasi mengenai buku-buku yang pernah dibaca sampai buku yang diimpikan untuk dibaca.


Lingua Epistoholica : (http://lingepi.blogspot.com/)
Inilah kamus yang menghimpun lingo atau bahasa prokem kaum epistoholik. Awas. Anda terancam berubah jadi epistomania, tahu tentang sosok epistop gun dan tak melupakan Wonogiri sebagai epistopolis-nya kaum epistoholik Indonesia.

Poetrysolo : (http://poetrysolo.blogspot.com/)
Saya menghimpun karya puisi anak-anak yang dimuat di Harian Solopos edisi Minggu. Dengan harapan, himpunan di media maya ini dapat sebagai pencingan agar anak-anak sudi berpuisi untuk dimuat di media Internet. Untuk maksud ini saya sudah belasan kali mengirim surat ke pelbagai sekolah, minta kiriman puisi anak didik mereka, ternyata belum berhasil. Saya belum tahu dimana letak kegagalan saya ini.

Serba Serbi Surat Pembaca : (http://serbaserbi.blogspot.com/)
“Menulis surat menjadi obsesi diri saya dan tak ada hari yang terlewat tanpa melihat nama saya, sekurang-kurangnya dalam tiga buah surat pembaca yang muncul dalam surat kabar.”, kata Anthony Parakal. “Dan surat-surat pembaca itu. Tak hentinya aku mengagumi hal-hal yang ditulis dengan berani oleh orang-orang itu.”, tulis Susanna Tamaro dalam novelnya Va’ Dove Ti Porte Il Cuore (Pergilah Kemana Hati Membawamu). Simak pendapat lainnya.


Song For Anez : (http://song4anez.blogspot.com)
Widhiana Laneza, atau Anez, aku mengenalnya sebagai mahasiswa Jurusan Arkeologi FSUI, 1982. Saya menyukai dirinya. Jatuh cinta kepadanya. Tidak berkelanjutan. Tetapi kenangan tentangnya tidak mudah hilang, walau sejak tahun 1988 saya tidak ada kontak sama sekali dengannya.

Tanggal 22 Desember 2005, nama Anez tiba-tiba, secara menggetarkan, masuk orbit hidup saya lagi. Kakaknya, Verdi Amaranto, mengaku melalui Google ketika mengetikkan "Widhiana Laneza" dirujuk menuju blog saya Buka Buka Beha yang mengukir nama dia sebagai salah satu wanita terindah saya. Verdi Amaranto mengirimiku email, cerita bahwa pada tanggal 20 Desember 2005 Widhiana Laneza telah dipanggil kembali keharibaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Tiga hari setelah pernikahannya.

Untuk mengenang Anez, blog ini saya buat. Termasuk 7 web/blog yang terkait dengan Anez semasa hidupnya.


Suporter Indonesia : (http://suporter.blogspot.com/)
Menghimpun gagasan dan gerundelan sebagai salah satu suporter sepakbola Indonesia. Selain mengelola blog ini, ia juga menjadi kontributor majalah sepakbola freeKick, Jakarta.


Trah Martowirono : (http://trah.blogspot.com/)
Blog ini menghimpun berita dan kenangan acara pertemuan, atau reuni tahunan bagi keluarga besar Trah Martowirono, kakek saya dari garis ibu yang berasal dari Kedung Gudel, Kenep, sukoharjo.



Alamat :

Jl. Kajen Timur 72 Wonogiri 57612,
Jawa Tengah, Indonesia.
Telp : +6281329306300.
Email : humorliner (at) yahoo.com




Wonogiri, 3 Desember 2005

No comments: